Eksotika Pulau Rinca Labuan Bajo, Gaya Epic buat Jiwa Adventuric

3 min read

Eksotika Pulau Rinca Labuan Bajo, Gaya Epic buat Jiwa Adventuric

Thanks to social media gengs, Indonesia akhirnya punya tempat wisata yang diakui sama dunia Internasional loh gengs. Adalah Pulau Rinca Labuan Bajo, yang udah di daulatlah sebagai salah satu Situs Warisan Dunia oleh UNESCO. Nah, berarti ga kaleng-kaleng dong si Pulau Rinca nan Exotic ini..

Eksotika Pulau Rinca Labuan Bajo, Gaya Epic buat Jiwa Adventuric
Eksotika Pulau Rinca Labuan Bajo, Gaya Epic buat Jiwa Adventuric

Coba dulu deh cek jenis dan harga sewa kapal phinisi Labuan Bajo di artikel ini : 20+ Sewa Kapal Phinisi Labuan Bajo Terbaik 2021

Kalau mau ikutan Open Trip Labuan Bajo 2021 juga bisa langsung cek jadwal lengkapnya disini : Paket Open Trip Labuan Bajo 2021 Murah Terlengkap

Kenapa kok Eksotis?

Karena gini gengs.. Ini Pulau Rinca kan ada di kawasan TNK (Taman Nasional Komodo) di Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT gitu kan, nah otomatis berdekatan sama Pulau Komodo juga.

Nah kedua pulau ini tuh adalah daerah habitat asli dari sahabatnya Dino, Komodo! Bayangin donk, Komodo ini kan dah ada dari jaman purbakala gitu gengs. Uda jelas pasti ini adalah travelling yang lain daripada yang lain.

Informasi Tentang Pulau Rinca Labuan Bajo

Jadi kenapa Pulau Rinca? Apa perbedaan pulau rinca dan pulau komodo?

Pulau Rinca sebenernya 11 12 sama Pulau Komodo, dimana daya tarik keduanya adalah Komodonya. Nah, bedanya, kalau Pulau Rinca itu Komodonya yang versi habitat asli banget gengs.

Komodonya emang ga sebesar yang di Pulau Komodo, soalnya kontur geografis Pulau Rinca kan kebanyakan padang savana, jadi kan lebih terik tuh panasnya ketimbang di Pulau Komodo yang hutan.

Karena terik matahari lebih terasa itu tadilah, kenapa Komodo di Pulau Rinca lebih kecil, soalnya dia kebanyakan sunbath gengs, jarang santuy leyeh-leyeh di bawah pohon hehehe…candaaaaaakk..

Tapi memang cuaca yang lebih terasa terik membuat fisik Komodo di Puau Rinca lebih kecil. Udah kecil, galak lagi…bahasa inteleknya agresif gitu nah.

Kenapa? Namanya juga panaslah, kaya kalian gengs kalo ketemu mantan baru putus sehari dah ada gebetan baru, jadi darah tinggi 😀 candaaak…Tapi memang Komodo di sini agresif genge, so hati-hati yap?

Lokasi Pulau Rinca Labuan Bajo

Pulau Rinca ini masih ada di gugusan Taman Nasional Komodo, dan pulau Rinca ada di bagian barat. Nah, Pulau Rinca sendiri pastinya kudu naik perahu atau kapal sewaan. Jarak dari labuan bajo ke pulau rinca sendiri sekitar 2 jam.

Eh urutannya gini nih, yang bener gini… Jadi misal kita berangkat dari Denpasar yah.. Nah kita naik tuh pesawat rute ke Labuan Bajo. Nah ketika sampai di Labuan Bajo ini, kita sebenernya udah sampai tuh di pintu Taman Nasional Komodo.

Terus kita tinggal naik perahu/kapal sewaan selama 2 jam perjalanan. Capek siiii…tapiiii, begitu kita sampai di Pulau Rinca, nah let the game begin!

Lokasi Pulau Rinca Labuan Bajo
Lokasi Pulau Rinca Labuan Bajo

Jalan-Jalan Safari Komodo di Pulau Rinca

Begitu sampai, yang harus dilakukan adalah jika kalian mau nginep alias bermalam, kalian bisa tuh gengs, stay di rumah penduduk yang disewakan sebagai homestay. Tenang aja, mereka ramah-ramah kok, dah gitu rate homestaynya engga yang mentung alias mukul hehehe.. mukul dompet….

Retribusi dan Harga Tiket Masuk Pulau Rinca Labuan Bajo

Buat kalian ga mo nginep, bisa langsung nih bayar retribusi ama tiket masuk donk.. Buat backpacker atau yang ga nginep, sebaiknya kalian juga mengunjungi Pulau Padar dan Pulau Komodo di hari yang sama juga ya. Sayang banget kalo engga, soalnya jaraknya deketan dah gitu biar ga bayar 2x.

Nah buat retribusi wisatawan Nusantara kena Rp 50.000 dan untuk tiket masuknya kurang lebih begini :

Daftar Harga Tiket Masuk Pulau Rinca Labuan Bajo

Harga Tiket Masuk
Tiket Masuk Domestik (WNI)Rp5.000
Tiket Masuk Wisatawan MancanegaraRp150.000
Tiket Wisata Alam Snorkeling TN KomodoRp15.000
Tiket Kegiatan Wisata Alam Pengamatan Hidupan Liar TN KomodoRp10.000
Tiket Tempat Rekreasi dan Olahraga DTW KomodoRp50.000
Tiket Penelusuran Hutan dan Mendaki Gunung TN KomodoRp5.000
Tiket Masuk Kendaraan Air Kapal Motor TN KomodoRp150.000
Harga Tiket Masuk Pulau Rinca Labuan Bajo

Mantaaap kan…Oh ya total di atas itu udah termasuk ranger loh. Ranger itu bahasa gampangnya pawang Komodo hehehe..

Welcome to Pulau Rinca Jurassic Park, Ranger is your leader!!

Ranger is your leader!!

Ini yang bener-bener harus diinget ya gengs, kalo di Pulau Rinca. Soalnya yang akan kalian temui bukan kucing manis gengs, apalagi ngebayangin ketemu dengan Si Komo nya Kak Seto.. Ups.. ketahuan deh umurnya..

Tapi naga purbakala yang agresif.. Nah loo.. Harus dipandu sama ahlinya, yaitu mas mas Ranger disana.

Oh ya, serius nih.. buat para cewe-cewe, ibu-ibu dan semua wanita, harap diperhatikan banget ya..sebaiknya kalian tidak memasuki TNK jika sedang menstruasi. Bukaaan, bukan karena mistis, tapi Komodo kan karnivora kan ya, dah gitu agresif juga, kemampuan penciumannya juga mantap banget, jadi dia bisa tuh cium darah dari radius 5km kurleb.

Setiap kita masuk ke Pulau Rinca Labuan Bajo ini, kita akan ditemani oleh tour guide atau yang biasa disebut ranger. Nah sehebat apa kalian di kota halaman, jangan sampe ga nurut ya ama instruksi atau panduan Rangers.

Soalnya mereka inilah “pawang” Komodo di Pulau Rinca. Bahkan kita juga dilarang melakukan pergerakan tiba-tiba kalau ada Komodo di dekat kita, ntar disangka musuh atau predator lain sama Komodo.

Melambai-lambai aja dilarang, bisa-bisa Komodo mendekat.

Pokoknya jangan sepelekan instruksi apapun dari kakak Ranger ya. Soalnya kak Ranger bukannya ga pernah digigit ama Komodo loh.

Nah, gimana? Udah mo nyoba safari Komodo gengs? Itung-itung sebagai mukadimah alias pembukaan pengalaman safari sebelum ke Afrika. Tapiiii…mindut ga bosen buat selalu mengingatkan.

Ketika ada di tempat baru, dan kita adalah tamu, jangan lupakan untuk selalu menjaga attitude kita, terutama soal menjaga kebersihan tempat wisata yang kita datangi ya Gengs, seperti Pulau Rinca Labuan Bajo ini. Supaya kelak anak cucu kita masih bisa ikut menikmati lokasi wisata ini ya… Kuy, ikutan trip labuan bajo…see you on next chapter ya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

HUBUNGI KAMI
VIA WHATSAPP
HUBUNGI KAMI
VIA TELEPON